Jumat, 29 Maret 2013

PETA INDONESIA DENGAN PULAU PULAUNYA


PETA INDONESIA DENGAN PULAU PULAUNYA

 
1. Pulau bangkit : kabupaten Bolaang Mangondow, sulawesi utara
2. Pulau Alor : Kabupaten Alor, nusa tenggara timur.
3.dolangan : kabupaten toli – toli, sulawesi tengah
4. karang : kabupaten maluku tenggara, maluku
5. manuk : kabupaten tasik malaya, jawa barat
6. nipa : kota batam, kepulauan riau.
7. nusakambangan: kabupaten cilacap, jawa tengah
8. pulau sekatung : kabupaten natuna, kepulauan riau
9. wetar: kabupaten maluku tenggara barat, maluku
10. sebatik : kabupaten nunukan, kalimatan timur




Batas Pulau Nipah antara RI dan Singapura akhirnya disepakati bersama. Kesepakatan batas pulau yang kerap menjadi aksi penyelundupan BBM ini akan ditekan pada Februari 2009. "Yang disepakati adalah segmen barat Pulau Nipah, di utara Pulau Nipah itulah disepakati batas laut teritorialnya.
Menurut Presiden, batas laut di Pulau Nipah menggantung sejak persetujuan bersama disepakati pada 1973 lalu. Selepas itu, belum ada perundingan lanjutan terkait batas kedua negara. Perundingan batas laut di Pulau Nipah, lanjut Presiden, baru berlanjut kembali pada 2005. Perundingan lanjutan ini dengan harapan ada kemajuan negosiasi perbatasan.
"Negosiasi perbatasan baik darat dan laut selalu tak mudah, tapi akhirnya setelah dilakukan negosiasi intens, akhir tahun lalu dicapai kesepakatan," tandasnya seraya mengapresiasi juru runding RI yang dikomandoi Menko Polhukam Widodo AS dan Menlu Hassan Wirajuda. "Saya ucapkan selamat kepada juru runding RI,"
Pembahasan teknis di antara kedua negara perihal batas Pulau Nipah kembali dilakukan di Jakarta, pada awal November 2008. Dari sinilah kesepakatan bersama hadir.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar