Sabtu, 05 Oktober 2013

Judul segmentasi pasar dan analisis demografi


A. Segmentasi pasar dan kepuasan konsumen?

1.      Segmentasi pasar adalah bagian pasar secara keseluruhan adalah strategi pemasaran yang akan di terapkan di tiap segmentasi pasar tersebut dan merupakan satu keputusan manajemen yang paling penting bagi setiap jenis perusahaan
Nama pengarang : SISWANTO SUTOJO (1995) MANAJEMEN PEMASARAN (DAMAR MULIA PUSTAKA)
 
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran.
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.

A.           Segmentasi dan profitabilitas?
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
profitabilitas sangat penting bagi semua pengguna, khusunya investor ekuitasdan kreditor. Bagi investor ekuitas, laba merupakan satu-satunya faktor penentuperubahan nilai efek (sekuritas). Pengukuran dan peramalan laba merupakan pekerjaanpaling penting bagi investor ekuitas. Bagi kreditor, laba dan arus kas operasi umumnyamerupakan sumber pembiayaan bunga dan pokok. Ketika mengevaluasi profitabilitasperusahaan, kita berfokus pada beberapa pertanyaan seperti :


Apakah ukuran laba yang paling relevan bagi perusahaan?
Bagaimana kualitas laba ? 
Komponen laba apakah yang paling penting untuk peramalan laba?
Bagaimana daya tahan (termasuk stabilitas dan tren) laba dan komponenkomponennya?
Bagaimana kekuatan laba ( earning power) perusahaan ?

1.1Faktor-Faktor Pengukuran Laba Perusahaan
Laba didefinisikan sebagai pendapatan dan keuntungan dikurangi beban dankerugian selama periode pelaporan.
Laba bukanlah angka unik yang menunggukesempurnaan sistem pengukuran laba secara cepat. Pertimbangan-petimbanganpraktis adalah sebagai berikut :

1.      Masalah estimasi.
Pengukuran laba bergantung pada estimasi atas hasil di masadepan. Estimasi-estimasi tersebut memerlukan alokasi pendapatan dan beban padaperiode sekarang dan masa depan
.
2.      Metode akuntansi.
Standar akuntansi yang mengatur pengukuran laba merupakanhasil pengalaman profesional, agenda badan pengatur, peristiwa bisnis, danpengaruh sosial lainnya.

3.      Insentif pengungkapan.
Idealnya, praktisi berkepentingan atas penyajian laporankeuangan secara wajar. Namun, laporan keuangan dan pengukuran labamenanggung tekanan kompetensi, keuangan, dan masyarakat.
http://id.wikipedia.org/w/index.php?search=profabilitas&title=Istimewa%3APencarian



C. penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran?
Segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang membagi target pasar yang luas ke dalam kelompok  dari konsumen yang memiliki kebutuhan umum yang sama. Tergantung pada karakteristik khusus dari produk, kelompok  ini dapat dibagi dengan kriteria seperti usia dan jenis kelamin, atau perbedaan lain, seperti lokasi atau pendapatan. Kampanye pemasaran dapat dirancang dan dilaksanakan untuk menargetkan segmen pelanggan tertentu.

Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi pemasaran mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam kebutuhan pelanggan mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan jumlah segmen pasar yang ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu.
Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran. Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen.
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.

Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa        karakteristik:
• Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun     ada beberapa variabel yang sulit diukur.
• Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
• Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
• Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
• Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.

Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu:
1. Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan    
    Konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
2. Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan 
    variabel-variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani
    kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.




contoh perusahaan:

PT Gudang Garam Tbk
Jl. Semampir II/1 , Kediri , , 64121 , Indonesia
Phone: 62-35-4682091
Revenue: $5,234M
Employees: 43,992
SIC: Cigarettes (2111)
NAICS: Cigarette Manufacturing (312221)


Description: PT Gudang Garam Tbk is an Indonesia-based tobacco company. It is engaged in the provision of kretek cigarettes, including low-tar, low-nicotine variants and traditional hand-rolled kretek. The Company?s products include Klobot, Sriwedari, Djaja, International Series, Surya Professional Pro Mild, Surya Slim Premium, Surya Slim Series, Merah Series, Surya Series and Surya Signature Series. It has two subsidiaries, namely PT Surya Pamenang, which is engaged in the production of paper board used for the manufacture of Gudang Garam packaging, and PT Surya Madistrindo, the sole distributor of the Company?s products.


STRUKTUR ORGANISASI

Ginawati Wibowo, Director
Sony Sasono Rahmadi, Director
Frank van Gelder, Independent Commissioner
Buana Susilo, Director
Istata Taswin Siddharta, Director
Lucas Mulia Suhardja, Independent Commissioner
Yudiono Muktiwidjojo, Independent Commissioner

President(s)

Susilo Wonowidjojo, President Director
Juni Setiawati Wonowidjojo, President Commissioner

Director(s)

Fajar Sumeru, Director - Production
Herry Susianto, Finance Director

Luncurkan GG Mild Gudang Garam Perkokoh Eksistensi di Segmen Rokok Mild

PT Gudang Garam Tbk semakin memperkokoh eksistensi di segmen rokok mild dengan meluncurkan produk baru "GG Mild". Menurut Ruby Hermanto, Head of Light Mild Group Brand PT Gudang Garam Tbk., GG Mild merupakan produk yang didesain untuk memenuhi kebutuhan para pria modern yang trendy.
Terkait dengan itu, GG Mild dikembangkan dengan teknologi moderen yang mengkombinasikan sensasi halus rokok mild dengan karakter kuat rokok berkualitas khas Gudang Garam. "GG Mild tampil sebagai rokok mild paling mutakhir dengan sentuhan kenikmatan khas Gudang Garam, sehingga sesuai dengan karakter pria muda kontemporer," ujar Ruby.
Dia mengungkapkan, Gudang Garam meluncurkan GG Mild karena mempertimbangkan segmen rokok mild yang  merupakan segmen rokok paling seksi dengan pertumbuhan pasar sebesar 11,2% sepanjang 2012.
Lebih lanjut Ruby menuturkan, sebagai anggota baru keluarga Gudang Garam yang legendaris, GG Mild akan meneruskan citra Gudang Garam yang selalu menghadirkan produk berkualitas tinggi.

Terobosan
Dalam meluncurkan GG Mild, manajemen Gudang Garam melakukan terobosan baru.  Hal ini tampak dari peluncuran awal GG Mild yang tidak dimulai di Jakarta atau Pulau Jawa, tetapi justru dimulai di Sumatera.
“Produk GG Mild merupakan produk nasional Gudang Garam yang sengaja diluncurkan di Sumatera sebagai tanda penghargaan kami kepada masyarakat Sumatera yang telah puluhan tahun menjadi konsumen setia Gudang Garam,” papar Ruby Hermanto.
 http://www.gudanggaramtbk.com/pusat_media/press_release/luncurkan-gg-mild-gudang-garam-perkokoh-eksistensi-di-segmen-rokok-mild


Tidak ada komentar:

Posting Komentar