A.
Segmentasi pasar dan
kepuasan konsumen?
1. Segmentasi pasar adalah bagian pasar
secara keseluruhan adalah strategi pemasaran yang akan di terapkan di tiap
segmentasi pasar tersebut dan merupakan satu keputusan manajemen yang paling
penting bagi setiap jenis perusahaan
Nama
pengarang : SISWANTO SUTOJO (1995) MANAJEMEN
PEMASARAN (DAMAR MULIA PUSTAKA)
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana
memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan
memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi
pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran.
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
A.
Segmentasi dan profitabilitas?
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi
kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki
kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan
produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat
diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di
pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
profitabilitas
sangat penting bagi semua pengguna, khusunya investor ekuitasdan kreditor. Bagi
investor ekuitas, laba merupakan satu-satunya faktor penentuperubahan nilai
efek (sekuritas). Pengukuran dan peramalan laba merupakan pekerjaanpaling
penting bagi investor ekuitas. Bagi kreditor, laba dan arus kas operasi
umumnyamerupakan sumber pembiayaan bunga dan pokok. Ketika mengevaluasi
profitabilitasperusahaan, kita berfokus pada beberapa pertanyaan seperti :
Apakah
ukuran laba yang paling relevan bagi perusahaan?
Bagaimana
kualitas laba ?
Komponen
laba apakah yang paling penting untuk peramalan laba?
Bagaimana
daya tahan (termasuk stabilitas dan tren) laba dan komponenkomponennya?
Bagaimana
kekuatan laba ( earning power) perusahaan ?
1.1Faktor-Faktor Pengukuran Laba Perusahaan
Laba
didefinisikan sebagai pendapatan dan keuntungan dikurangi beban dankerugian
selama periode pelaporan.
Laba
bukanlah angka unik yang menunggukesempurnaan sistem pengukuran laba secara
cepat. Pertimbangan-petimbanganpraktis adalah sebagai berikut :
1. Masalah
estimasi.
Pengukuran laba bergantung pada
estimasi atas hasil di masadepan. Estimasi-estimasi tersebut memerlukan alokasi
pendapatan dan beban padaperiode sekarang dan masa depan
.
2. Metode akuntansi.
Standar akuntansi yang mengatur
pengukuran laba merupakanhasil pengalaman profesional, agenda badan pengatur,
peristiwa bisnis, danpengaruh sosial lainnya.
3. Insentif pengungkapan.
Idealnya, praktisi berkepentingan
atas penyajian laporankeuangan secara wajar. Namun, laporan keuangan dan
pengukuran labamenanggung tekanan kompetensi, keuangan, dan masyarakat.
http://id.wikipedia.org/w/index.php?search=profabilitas&title=Istimewa%3APencarianC. penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran?
Segmentasi
pasar adalah strategi pemasaran yang membagi target pasar yang luas ke dalam
kelompok dari konsumen yang memiliki kebutuhan umum yang sama. Tergantung
pada karakteristik khusus dari produk, kelompok ini dapat dibagi dengan
kriteria seperti usia dan jenis kelamin, atau perbedaan lain, seperti lokasi
atau pendapatan. Kampanye pemasaran dapat dirancang dan dilaksanakan untuk
menargetkan segmen pelanggan tertentu.
Faktor
penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran
untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti
membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok
(misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian
memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila
menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang
akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel
segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku
terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling
mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan
dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Sumber daya
dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran segmen pasar yang
mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi pemasaran mereka. Jenis
produk dan layanan, serta variasi dalam kebutuhan pelanggan mereka, akan
memainkan peran dalam ukuran dan jumlah segmen pasar yang ditargetkan. Memilih
variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar
konsumen tertentu. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting
dalam penargetan pasar konsumen tertentu.
Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran. Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen.
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran. Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen.
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
Agar segmen
pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
• Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
• Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
• Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
• Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
• Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.
• Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
• Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
• Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
• Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
• Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.
Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu:
1. Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan
Konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi
pemakaian.
2. Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan
2. Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan
variabel-variabel yang dapat membantu
perusahaan memahami cara melayani
kebutuhan konsumen tersebut dan cara
berkomunikasi dengan konsumen.
contoh perusahaan:
PT
Gudang Garam Tbk
Jl.
Semampir II/1 ,
Kediri , , 64121 , Indonesia
Phone:
62-35-4682091
Revenue:
$5,234M
Employees:
43,992
SIC:
Cigarettes
(2111)
NAICS:
Cigarette
Manufacturing (312221)
Description:
PT Gudang Garam Tbk is an Indonesia-based tobacco company. It is engaged in the
provision of kretek cigarettes, including low-tar, low-nicotine variants and
traditional hand-rolled kretek. The Company?s products include Klobot,
Sriwedari, Djaja, International Series, Surya Professional Pro Mild, Surya Slim
Premium, Surya Slim Series, Merah Series, Surya Series and Surya Signature
Series. It has two subsidiaries, namely PT Surya Pamenang, which is engaged in
the production of paper board used for the manufacture of Gudang Garam
packaging, and PT Surya Madistrindo, the sole distributor of the Company?s
products.
STRUKTUR
ORGANISASI
President(s)
Director(s)
Luncurkan GG Mild Gudang Garam Perkokoh Eksistensi di Segmen Rokok Mild
PT Gudang Garam Tbk semakin memperkokoh eksistensi di segmen rokok mild dengan meluncurkan produk baru "GG Mild". Menurut Ruby Hermanto, Head of Light Mild Group Brand PT Gudang Garam Tbk., GG Mild merupakan produk yang didesain untuk memenuhi kebutuhan para pria modern yang trendy.Terkait dengan itu, GG Mild dikembangkan dengan teknologi moderen yang mengkombinasikan sensasi halus rokok mild dengan karakter kuat rokok berkualitas khas Gudang Garam. "GG Mild tampil sebagai rokok mild paling mutakhir dengan sentuhan kenikmatan khas Gudang Garam, sehingga sesuai dengan karakter pria muda kontemporer," ujar Ruby.
Dia mengungkapkan, Gudang Garam meluncurkan GG Mild karena mempertimbangkan segmen rokok mild yang merupakan segmen rokok paling seksi dengan pertumbuhan pasar sebesar 11,2% sepanjang 2012.
Lebih lanjut Ruby menuturkan, sebagai anggota baru keluarga Gudang Garam yang legendaris, GG Mild akan meneruskan citra Gudang Garam yang selalu menghadirkan produk berkualitas tinggi.
Terobosan
Dalam meluncurkan GG Mild, manajemen Gudang Garam melakukan terobosan baru. Hal ini tampak dari peluncuran awal GG Mild yang tidak dimulai di Jakarta atau Pulau Jawa, tetapi justru dimulai di Sumatera.
“Produk GG Mild merupakan produk nasional Gudang Garam yang sengaja diluncurkan di Sumatera sebagai tanda penghargaan kami kepada masyarakat Sumatera yang telah puluhan tahun menjadi konsumen setia Gudang Garam,” papar Ruby Hermanto.
http://www.gudanggaramtbk.com/pusat_media/press_release/luncurkan-gg-mild-gudang-garam-perkokoh-eksistensi-di-segmen-rokok-mild
Tidak ada komentar:
Posting Komentar